Latest Stories


Ingin ke Mall Tapi Takut Kena Corona? Ikuti 5 Tips Ini




















Virus corona membuat aktivitas di luar menjadi lebih terbatas. Pemerintah setempat  menerapkan aturan social distancing, sehingga masyarakat harus menjaga jarak dan tetap diam di rumah selama waktu yang belum ditentukan. Dengan demikian, Anda melakukan segala sesuatunya dari rumah, mulai dari bekerja sampai belanja. Kecuali, Anda bisa keluar jika akan melakukan rapid test terdekat.

Salah satu dampak corona yang sangat terasa adalah merosotnya perekonomian Indonesia. Ini membuat pemerintah mengkaji ulang kebijakannya, sehingga konsep ‘New Normal’ saat corona mulai diberlakukan. Masyarakat diperbolehkan untuk bepergian ke luar rumah asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan. Ini tentu saja kabar baik bagi Anda yang tidak sabar ingin berbelanja di mall.

Aman Berbelanja Saat Masa Corona

Meskipun kebijakan ini sudah diberlakukan, Anda harus tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan. Apalagi, di mall Anda akan bertemu dengan banyak orang dan menyentuh berbagai barang. Oleh karena itu, simak tips aman berbelanja di mall saat masa corona berikut ini.

1. Membuat Catatan Belanja

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat daftar belanjaan. Ini sangat penting agar Anda bisa tahu apa saja barang yang akan dibeli. Anda tidak akan banyak menyentuh barang yang tidak diperlukan. Dengan begitu, cara ini cukup efektif untuk terhindar dari penularan virus corona. Jika sudah berbelanja, cuci tangan dengan sabun.

2. Berbelanja Sendiri

Untuk meminimalisir kerumunan, Anda tidak perlu membawa seluruh anggota keluarga untuk berbelanja. Cukup Anda sendiri saja, sehingga berbelanja pun tidak ribet dan lebih aman. Selain itu, Anda juga bisa membawa kantong atau wadah sendiri untuk menampung barang-barang belanjaan. Wadah yang ada di mall belum tentu bersih dari kuman dan virus, sehingga Anda harus mengantisipasinya.

3. Menerapkan Physical Distancing

Selain social distancing, penting juga untuk menerapkan physical distancing. Saat berbelanja di mall, pastikan Anda menjaga jarak dengan orang lain. Misalnya, saat mengantri di kasir, mengantri di toilet, makan di foodcourt, dan masih banyak lagi. Dengan menerapkan aturan ini, Anda bisa meminimalisir resiko tertular virus corona yang membahayakan.

4. Membawa Sabun atau Hand Sanitizer

Mencuci tangan menggunakan sabun wajib hukumnya. Kuman, virus, dan bakteri lebih ampuh dihilangkan menggunakan sabun. Oleh karena itu, bawalah sabun cair dalam botol kecil, sehingga Anda lebih mudah membawanya kemana-mana. Jika terlalu ribet, Anda bisa membawa hand sanitizer yang mengandung 70% alkohol. Selalu sediakan sabun atau hand sanitizer saat bepergian.

5. Menggunakan Masker

Masker menjadi item wajib yang harus digunakan saat masa pandemi. Masker yang Anda gunakan pastikan berbahan premium yang mampu menyaring kotoran dan virus dari luar. Anda bisa menggunakan masker non-medis yang saat inibanyak dijual di pasaran. Namun, jika Anda sedang tidak enak badan, gunakan masker medis. Masker juga bisa digunakan saat melakukan rapid test terdekat.

6. Menggunakan Pembayaran Cashless

Virus corona bisa menempel pada barang-barang di sekitar Anda, salah satunya pada uang. Oleh karena itu, pembayaran menggunakan uang non tunai atau cashless sangatlah disarankan. Anda bisa mengunduh aplikasi e-money atau m-banking pada smartphone. Dengan begitu, transaksi pun lebih aman tanpa harus menyentuh uang tunai.

Itulah enam cara agar pergi ke mall lebih aman saat masa corona. Lakukan rapid test terdekat untuk mengetahui kondisi Anda. Anda bisa menggunakan platform Halodoc untuk mengetahui tempat pemeriksaan covid terdekat di sekitar Anda. Melalui platform ini, Anda juga bisa sekaligus mengetahui biaya tesnya. Lakukan janji pertemuan dengan dokter pilihan Anda, dan dapatkan hasil tes corona dalam waktu yang cepat.


Categories: ,

Leave a Reply