Latest Stories


Jangan Salah Pilih! Pastikan 4 Prosedur Berikut Dilakukan oleh Fisioterapis saat Merawat Anda




























Fisioterapi merupakan salah satu kegiatan medis yang dilakukan dengan cara pelatihan fisik tertentu untuk membantu proses pemulihan seseorang dari cedera ataupun risiko cacat. Kualitas fisioterapi terbaik dapat dilihat dari perawatan yang diberikan oleh fisioterapis pada pasiennya. Sebab, petugas medis yang baik tidak hanya akan memberikan pelatihan fisik saja, namun juga saran pengobatan. Oleh karena fisioterapi berkaitan dengan kesembuhan fisik seseorang, penerapannya harus dilakukan dengan kesabaran dan prosedur yang benar.

Untuk memastikan apakah fisioterapis Anda sudah memenuhi kualitas terbaik atau belum, simak empat prosedur yang sudah semestinya ia lakukan ketika merawat Anda:

1. Terapi Fisik Manual

Terapi manual lebih menekankan pada kemampuan dan pengetahuan fisioterapis dalam melakukan keahliannya. Sebelum melakukan latihan menggerakkan tubuh, fisioterapis akan melakukan beberapa pijatan ringan pada bagian tertentu untuk mengurangi rasa sakit pada bagian yang sulit digerakkan.

Dengan berkurangnya rasa sakit, maka pasien bisa melakukan gerakan latihan secara perlahan dan bertahap. Selain itu, terapi manual ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan kekakuan otot sebagai pemicu sulitnya melakukan gerakan.

2. Latihan Melakukan Gerakan

Setelah diberikan pijatan yang mengurangi rasa nyeri pada bagian yang sakit, selanjutnya pasien mulai berlatih melakukan gerakan. Pada tahap awal, latihan gerakan akan dibantu langsung oleh seorang fisioterapis.Namun setelah kondisi membaik, pasien akan dilatih untuk melakukan terapi menggunakan alat bantu.

3. Latihan dengan Melakukan Aktivitas

Selain melakukan latihan gerakan, tahap latihan selanjutnya adalah aktivitas tertentu yang mempengaruhi kesembuhan. Jika kondisi semakin membaik, pasien bisa mengembangkan gerakannya menjadi sebuah aktivitas yang melibatkan seluruh anggota tubuh.

Beberapa aktivitas yang biasa digunakan untuk fisioterapi adalah berjalan-jalan hingga berenang. Aktivitas ini efektif mempercepat pemulihan karena melibatkan seluruh anggota tubuh dalam melakukannya. Selama melakukan aktivitas-aktivitas ini, fisioterapis bisa menemani Anda.

4. Pemberian Edukasi Kesehatan

Pemberian edukasi kesehatan adalah prosedur terakhir yang memiliki peran besar dan wajib dilakukan seorang fisioterapis kepada pasiennya. Jika pasien sudah pulih, maka edukasi ini berguna untuk mencegah aktivitas atau gaya hidup yang memicu pasien mengalami gangguan kesehatan atau risikocedera.

Saran dan edukasi yang diberikan berbeda-beda, tergantung jenis penyakit yang dialami oleh pasien. Misalnya bisa berupa jenis makanan yang membantu proses penyembuhan serta makanan yang harus dihindari. Selain itu, ada juga edukasi terkait cara menggerakkan anggota tubuh yang benar.

Proses fisioterapi tidak hanya bisa dilakukan di rumah sakit, namun untuk meningkatkan kenyamanan pasien, kegiatan ini juga bisa dilakukan di rumah. Meski demikian, fisioterapis yang dipekerjakanharuslah memiliki sertifikasi dan pengalaman merawat pasien sesuai jenis penyakitnya.

Empat prosedur di atas adalah tolok ukur untuk mengetahui apakah fisioterapis Anda sudah memberikan layanan yang terbaik atau belum. Jika salah satu prosedur diabaikan, maka proses penyembuhan pasien cedera fisik tidak akan memberikan hasil yang maksimal.


Categories: ,

Leave a Reply