Latest Stories


Yuk, Kenali Perbedaan Asuransi Jiwa Berbasis Syariah dengan Konvensional!



















Produk syariah bukan hanya terdapat dalam sistem simpan pinjam di bank. Kini, sudah hadir banyak produk syariah dalam bentuk asuransi. Salah satunya adalah asuransi jiwa syariah. Tentu berbeda dengan pendahulunya atau bisa kita sebut sebagai asuransi konvensional. Asuransi syariah menerapkan hukum dan aturan Islam dalam proses pengelolaan dan penyelenggaraannya.

Jika dalam asuransi konvensional, niat dalam keterikatan dengan asuransi lebih banyak dipengaruhi oleh adanya kesempatan berinvestasi. Namun, dalam asuransi syariah berbagai kegiatan yang dilakukan, diarahkan untuk saling membantu dan demi manfaat bersama. Maka penyelenggara asuransi syariah akan berbeda dengan asuransi konvensional. Lalu, apa saja perbedaan yang ada pada kedua sistem asuransi ini

1. Diselenggarakan atas dasar hukum Islam

Seperti dijelaskan sebelumnya, sesuai dengan namanya, semua kegiatan akan dilandaskan pada Al-Qur’an dan Hadits sesuai dengan syariat Islam. Dengan demikian, bagi Anda yang ingin tetap berjaga-jaga atas keselamatan diri sekaligus terhindar dari riba, asuransi syariah dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Seluruh prosesnya akan selalu mempertimbangkan halal dan haram dalam hukum Islam.

2. Meniadakan Bunga

Hal ini sudah disinggung secara singkat sebelumnya bahwa dalam asuransi syariah tidak terdapat bunga yang merupakan salah satu bentuk riba. Setiap peserta akan membayar nominal premi tertentu untuk membantu sesama peserta. Pembagian surplus pun juga dilakukan dengan persentase yang telah disepakati dan meniadakan bunga sampai 0%.

3. Pemberian Santunan Atas Dasar Tolong Menolong

Jika pada asuransi konvensional semua nasabah asuransi akan membayarkan premi dalam jumlah tertentu untuk kemudian dapat melakukan klaim jika  terjadi hal-hal yang merugikan. Maka sedikit berbeda dengan asuransi syariah, dalam asuransi syariah ini pembayaran premi didasarkan pada prinsip tolong menolong.

Di mana, nasabah asuransi saling tolong menolong dengan peserta lain melalui pembayaran rutin yang digunakan untuk membantu peserta yang tertimpa peristiwa yang tidak diinginkan dan tidak terduga. Jadi, jangan khawatir akan terbebani dengan pembayaran premi.

4. Transparansi Pembukuan Keuangan

Asuransi jiwa syariah memiliki prosedur bahwa seluruh prosesnya bersifat transparan. Anda sebagai nasabah bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai bagaimana dan seperti apa dana yang terkumpul dikelola. Tentu berbeda dengan sistem asuransi konvensional, di mana Anda tidak bisa melihat transparansi pembukuan keuangan tersebut. 

5. Sistem Surplus Underwriting

Surplus underwriting adalah dana yang terkumpul selama periode tertentu setelah tidak ada nasabah yang melakukan klaim asuransi berbasis syariah ini. Dana inilah yang kemudian menjadi surplus yang akan dibagi menurut aturan kepada nasabah yang tidak melakukan klaim. Bahkan, ada pula nasabah yang mengikhlaskan dananya untuk kepentingan sesama karena tidak melakukan klaim sampai batas periode yang ditetapkan. Tentu, sistem seperti ini tidak ada pada asuransi konvensional.

6. Meniadakan Sistem Uang Hangus

Jika dalam asuransi konvensional, anggota yang tidak dapat membayar premi dalam jangka waktu yang ditetapkan, akan kehilangan hak atas dana yang sudah disetorkan sebelumnya. Namun, dalam asuransi syariah hal tersebut tidak berlaku. Anggota yang tidak bisa melanjutkan pembayaran premi tetap memiliki hak atas uang yang telah dibayarkan sebelumnya.
Asuransi konvensional dan syariah memang memiliki perbedaan karena prinsip yang mendasarinya juga berbeda. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda lebih menyukai prinsip konvensional atau prinsip syariah.
Memang, asuransi syariah terbilang produk baru, namun asuransi syariah khususnya asuransi jiwa syariah akan memberikan pelayanan terbaik dengan meningkatkan kesejahteraan tanpa membebani anggotanya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba menggunakannya?

Categories: ,

One Response so far.

  1. Unknown says:

    thanks artikelnya sangat membantu
    kaos polos premium

Leave a Reply