Latest Stories

Berencana Buka Bersama? Pesan Nasi Kebuli Bisa Jadi Pilihannya
Di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, umat Islam seluruh dunia sama-sama merayakan indahnya kebersamaan. Bahkan sebagian besar memanfaatkan momen puasa untuk mempererat tali silaturahmi dengan mengadakan buka bersama kawan-kawan lama. Jika Anda yang menjadi tuan rumah, jangan bingung dalam memilih menu buka puasa. Ya, Anda bisa Pesan nasi kebuli sebagai alternatif terbaiknya.

Sekilas Tentang Nasi Kebuli Betawi

Nasi kebuli adalah makanan khas Timur Tengah yang sangat populer di Indonesia. Hidangan utamanya berupa nasi yang dimasak bersama kaldu daging kambing, serta minyak samin. Penyajiannya dilengkapi dengan daging kambing goreng dan irisan kurma serta kismin sebagai topping. Di luar negeri, ada banyak hidangan yang mirip dalam proses pengolahannya, namun memiliki banyak nama berbeda seperti nasi mandhi, nasi briyani, nasi kalbi, dan nasi kabsah. Di Indonesia sendiri, nasi kebuli sering menjadi menu utama dalam acara-acara keagamaan, seperti perayaan maulid, hari kurban, ataupun hari raya lainnya. 

Sekilas, hidangan ini mungkin sedikit mirip dengan nasi kuning dan nasi uduk. Namun jika sudah dirasakan, nasi kebuli memiliki citarasa yang lebih pekat karena kandungan kaldu daging, dan susu kambing yang ikut dimasak bersama nasi. Salah satu hidangan nasi kebuli yang paling banyak ditemui di Indonesia adalah Nasi Kebuli Betawi. 

Dalam mengolah hidangan ini, susu kambing menjadi komposisi yang paling khas. Sementara, rempah-rempah yang digunakan adalah lada hitam, cengkeh, pala dan kapulaga. Jika Anda ingin pesan nasi kebuli, hidangan inilah yang paling banyak ditemukan. Setelah nasi nanak, Nasi Kebuli Betawi biasanya disajikan dengan potongan daging kambing dan asinan nanas atau sambal goreng hati. 

Varian Nasi Kebuli

Memasak nasi kebuli ternyata memiliki komposisi bahan yang berbeda-beda. 

1. Negara Timur Tengah

Komposisi bahan yang dipakai oleh warga Timur Tengah dalam membuat nasi kebuli biasanya terdiri dari, rempah-rempah, kacang, kismis, almond, kacang mede, minyak samin, susu domba, serta daging domba sebagai bahan utama. 

2. India

Di India, nasi kebuli dibuat dengan mengolah beras basmati bersama rempah-rempah khas India, garam masala, minyak samin, kacang mede, dan kismis sebagai topping.

3. Indonesia

Pengolahan nasi kebuli di Indonesia biasanya tidak hanya menggunakan daging kambing sebagai bahan dasar, melainkan bisa diganti dengan daging sapi, ayam ataupun bebek. 

Manfaat Nasi Kebuli untuk Kesehatan

Dengan pesan nasi kebuli, Anda tidak akan khawatir perihal gizi dan manfaatnya. Seperti yang kita ketahui, daging kambing sangat ampuh untuk menaikkan tekanan darah. Namun, jika dirasa tamu tidak suka dengan hidangan daging kambing, daging sapi bisa dijadikan alternatif. Beberapa manfaat pengkonsumsian nasi kebuli adalah sebagai berikut.

1. Menambah Energi

Kenapa nasi kebuli menjadi pilihan yang tepat ketika akan berbuka bersama kawan-kawan lama? Yang pertama, nasi kebuli akan memberikan asupan energi setelah seharian berpuasa. Dari semua komposisinya, nasi kebuli mampu memberikan cadangan energi dari kandungan karbohidrat, lemak, dan beberapa vitamin di dalamnya.

2. Memperkuat Tulang 

Kandungan protein yang besar, kalsium, dan fosfor yang berasal dari kaldu daging sangat bermanfaat untuk pertumbuhan, dan kekuatan tulang.

Untuk hidangan dalam jumlah besar, memasak nasi kebuli sendiri di rumah mungkin sedikit merepotkan. Anda harus menyiapkan kaldu daging, belum lagi memasak daging kambing yang cukup riskan. Memesan ke pihak catering bisa menjadi alternatif. Sekarang ini sudah banyak catering yang menyediakan layanan pesan nasi kebuli dengan berbagai varian yang bisa disesuaikan selera. Acara buka bersama kawan-kawan lama pun menjadi lebih praktis.

Categories: ,

Leave a Reply